TUGAS SOFTSKILL “KOMUNIKASI BISNIS” (ARTIKEL 1)

Latar Belakang Komunikasi dalam Bisnis

1. Latar Belakang Penyelenggaraan Komunikasi dalam Bisnis

Komunikasi merupakan hal yang fundamental dalam kehiupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk berhubungan dengan makhluk lainnya. Dalam hal bisnis, komunikasi sangat diperlukan para pengusaha agar proses produksinya berjalan dengan lancar. Komunikasi yang terjadi dalam ruang lingkup bisnis ini bisa berupa komunikasi internal dan komunikasi eksternal, baik yang bersifat formal maupun informal. Komunikasi dalam bisnis dapat dilakukan juga dengan pengiriman surat, melalui telepon, dan bisa juga melalui kunjungan pribadi (face to face) dan apabila kita ingin berkomunikasi dalam jangkauan luas, kita bisa mempergunakan media periklanan.

Dalam kehidupan bisnis di era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini, informasi mengalir dari dalam dan luar perusahaan melalui batas-batas wilayah dan negara. Oleh karena itu penyelenggaraan komunikasi dengan pasar amatlah penting karena akan sangat efektif untuk menambah keberhasilan individu maupun organisasi.

2. Konsep Dasar

Konsep dasar komunikasi meliputi :

a. Proses Komunikasi

Proses komunikasi diawali oleh sumber baik individu ataupun kelompok yang berusaha berkomunikasi dengan individu atau kelompok lain.

Langkah pertama yang dilakukan sumber adalah ideation yaitu penciptaan satu gagasan atau pemilihan seperangkat informasi untuk dikomunikasikan. Ideation ini merupakan landasan bagi suatu pesan yang akan disampaikan.

Langkah kedua dalam penciptaan suatu pesan adalah encoding, yaitu sumber menerjemahkan informasi atau gagasan dalam wujud kata-kata, tanda-tanda atau lambang-lambang yang di sengaja untuk menyampaikan informasi dan diharapkan mempunyai efek terhadap orang lain.

Langkah ketiga adalah penyampaian pesan yang telah disandi (encode). Sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan cara berbicara, menulis, menggambar ataupun melalui suatu tindakan tertentu. Pada langkah ini, kita mengenal istilah channel atau saluran, yaitu alat-alat untuk menyampaikan suatu pesan. Saluran untuk komunikasi lisan adalah komunikasi tatap muka, radio dan telepon. Sedangkan saluran untuk komunikasi tertulis meliputi setiap materi yang tertulis ataupun sebuah media yang dapat mereproduksi kata-kata tertulis seperti: televisi, kaset, video atau OHP (overheadprojector). Sumber berusaha untuk mebebaskan saluran komunikasi dari gangguan ataupun hambatan, sehingga pesan dapat sampai kepada penerima seperti yang dikehendaki.

Langkah keempat , perhatian dialihkan kepada penerima pesan. Jika pesan itu bersifat lisan, maka penerima perlu menjadi seorang pendengar yang baik, karena jika penerima tidak mendengar, pesan tersebut akan hilang. Dalam proses ini, penerima melakukan decoding, yaitu memberikan penafsiran interpretasi terhadap pesan yang disampaikan kepadanya. Pemahaman (understanding) merupakan kunci untuk melakukan decoding dan hanya terjadi dalam pikiran penerima. Akhirnya penerima lah yang akan menentukan bagaimana memahami suatu pesan dan bagaimana pula memberikan respons terhadap pesan tersebut.

Proses terakhir dalam proses komunikasi adalah feedback atau umpan balik yang memungkinkan sumber mempertimbangkan kembali pesan yang telah disampaikannya kepada penerima. Respons atau umpan balik dari penerima terhadap pesan yang disampaikan sumber dapat berwujud kata-kata ataupun tindakan-tindakan tertentu. Penerima bisa mengabaikan pesan tersebut ataupun menyimpannya. Umpan balik inilah yang dapat dijadikan landasan untuk mengevaluasi efektivitas komunikasi.

b. Elemen-elemen Komunikasi

Elemen-elemen komunikasi meliputi :

1. People
     Komunikasi melibatkan orang bisa antar pribadi, kelompok kecil, dan publik berlangsung antara dan di antara semua tipe sender dan receiver (bergantian antar individu-individu yang memberikan dan menerima pesan secara serempak).
2. Message
     Bersifat verbal (menggunakan kata-kata) dan non-verbal. Yang bersifat non-verbal antara lain proxemics (kedekatan), haptic (sentuhan), olfatics (aroma), chronemics (waktu), eye movement / oculestic (gerakan mata), hand and head movement (gerakan tangan dan kepala), metalanguage atau paralanguage (teriakan, desahan, dll).
 3. Channel
     Artinya saluran yang kita gunakan dalam berkomunikasi. Misalnya semua indera kita sebagai manusia adalah multichannel communicators.
 4. Noise
     Merupakan distorsi yang berpotensi mengganggu efektifitas komunikasi. Misalnya aroma yang terlalu tajam, suara bising, ruangan yang panas, dll.
5. Context
     Kita berkomunikasi selalu dalam konteks. Misalnya, kadang dalam konteks organisasi, lalu berubah menjadi konteks akrab / keluarga.
6. Feedback
     Merupakan respon dari pihak lain terhadap pesan yang kita sampaikan. Feedback dapat dibedakan menjadi: immediate (langsung), delayed (tertunda), lalu positive atau negative.
7. Effect
     Komunikasi berdampak atau berpengaruh terhadap orang lain. Dampaknya bisa macam-macam, misal: cognitive (pengetahuan), affective (sikap atau perilaku), conative (tindakan), atau campuran.

c. Motivasi untuk komunikasi

Menurut Sardiman (2005:89-91), motivasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

a. Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik adalah motif–motif (daya penggerak) yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena di dalam diri setiap individu sudah terdapat dorongan untuk melakukan sesuatu.

b. Motivasi Ekstrinsik

Dorongan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu itu bersumber pada suatu kebutuhan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Tujuan motivasi ini antara lain untuk mengurangi ketidakpastian, memecahkan masalah, meningkatkan keyakinan, kontrol situasi, dan sebagai umpan balik.

sumber : http://www.google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s